RISMAN CENDRA. Diberdayakan oleh Blogger.
Foto Saya
Risman Cendra
kegagalan adalah kunci kesuksesan
Lihat profil lengkapku
RSS

Membuat Database di MySQL

Ada bermacam-macam cara untuk membuat database di MySQL (dikenal juga dengan nama schema), yaitu dengan menggunakan command line maupun menggunakan software yang dibuat oleh vendor lain.

Menggunakan Command Line
    Bila kita memutuskan untuk menggunakan command line, berarti kita mesti hafal syntax untuk membuat database. Syntax-nya cukup sederhana: CREATE DATABASE nama_database. Tentunya kita mesti punya account mysql yang mempunyai hak membuat database.
contoh:

mysql> CREATE DATABASE dagunetdb;

Menggunakan PHPMyAdmin
    PHPMyAdmin adalah web-based application yang digunakan untuk mengelola database. PHPMyAdmin ditulis dalam bahasa PHP. Bisa di-download di sini. Gratis kok. Untuk membuat database, cukup login ke PHPMyAdmin (diperlukan user mysql yang mempunyai hak membuat database). Di halaman depan terdapat kotak isian untuk mengisi nama database. Bila sudah, klik tombol Create. Selesai.
Menggunakan MySQL Query Browser
    Bila PHPMyAdmin berbasis web. Maka MySQL Query Browser berbasis desktop. Software ini buatan mysql.com. Dan asiknya, bisa di-download gratis. Download MySQL Query Browser di sini. Cara membuat database cukup dengan menekan Ctrl + N. Isikan nama database di kotak isian pada pop-up window yang muncul. Klik OK. Selesai.
                                             Membuat database dengan MySQL Query Browser

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar